Penuhi Kebutuhan Darah, PMI Kabupaten Probolinggo Gelar Donor Darah Bareng J99 Foundation

PMI Kabupaten Probolinggo bekerja sama dengan J99 Foundation untuk menggelar donor darah di Kantor Unit Transfusi Daerah (UTD).
PMI Probolinggo gelar donor darah

Banyak cara dilakukan Palang Merah Indonesia atau PMI Kabupaten Probolinggo, Jatim, untuk mendapatkan darah. Salah satunya, bekerjasama dengan banyak pihak untuk menggelar donor darah. Jumat (10/6/2022) misalnya, donor darah dilakukan bersama J99 Foundation di Kantor Unit Tranfusi Daerah (UTD) PMI Kabupaten Probolinggo, Desa Sumberlele, Kecamatan Kraksaan, kabupaten setempat.

Tak seperti biasa, kali ini 100 orang pendonor diberi paket sembako yang disediakan oleh J99 Foundation. Kegiatan ini digelar untuk menyambut Hari Donor Darah se-Dunia yang diperingati setiap 14 Juni.

“Donor darah ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan darah di Kabupaten Probolinggo, sehingga pasien yang membutuhkan darah dapat tercukupi,” kata Humas PMI Kabupaten Probolinggo Sugianto.

Sugianto menjelaskan, stok darah yang mengalami kekurangan di PMI Kabupaten Probolinggo fluktuatif dan tidak mesti. Tergantung dari kebutuhan masyarakat. Kadang-kadang pada bulan-bulan tertentu ada golongan A dan B. “Tetapi yang pasti, PMI Kabupaten Probolinggo akan selalu berusaha dan berupaya untuk memenuhi kebutuhan darah masyarakat,” jelasnya.

Secara umum terang Sugianto, ketersediaan darah yang ada di PMI Kabupaten Probolinggo masih sangat kurang. Untuk itu pihaknya berharap nanti ada masyarakat yang perorangan maupun kelompok bisa lebih pro aktif untuk bisa mendonorkan darahnya secara sukarela.

“Harapan ke depan PMI semakin bisa memenuhi tantangan dan untuk memberikan yang terbaik untuk masyarakat Kabupaten Probolinggo. Untuk masyarakat, kami mendorong pro aktif secara sukarela mendonorkan darahnya secara rutin setiap 2 bulan sekali ke PMI dengan datang sendiri,” tegasnya.

Sugianto menambahkan, untuk memenuhi stok darah PMI selalu menerima masyarakat yang akan donor darah di Kantor UPT PMI Kabupaten Probolinggo terbuka 24 jam. Berdasarkan Profil Kesehatan Kabupaten Probolinggo tahun 2014, terdapat 4.632 pendonor di sepanjang tahun 2014. Terdiri dari 3.601 pria, dan 1.031 perempuan.

“Kami juga bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan swasta dan lembaga untuk bisa melakukan donor darah dalam rangka memenuhi ketersediaan darah di PMI Kabupaten Probolinggo,” pungkasnya.  

Sumber: www.timesindonesia.co.id

Tags

donor darah

Berlangganan Tanpa Takut Ketinggalan Informasi Terkini

Jadilah yang pertama menerima informasi dan notifikasi di email Anda dengan berlangganan berita kami.

Bagikan

Artikel Terkait